Teknologi Switch masa depan

Teknologi Switch masa depan

Hits: 1092 Comment: 0

Perkembangan teknologi selalu menarik untuk diikuti. Perubahan demi perubahan semakin dirasakan. Dari teknologi yang hanya menghubungkan dua titik, sekarang berubah menjadi sebuah jaringan masif yang menghubungkan antar kota, bahkan negara.

Perubahan-perubahan tersebut tentu tidak terlepas dari peran perangkat yang terus dikembangkan. Sudah merupakan sebuah prinsip dasar, ketika muncul teknologi baru, maka harus diimbangi dengan perangkat yang mumpuni.

Salah satu bentuk perangkat yang terus dikembangkan seiring dengan laju teknologi adalah T-Marc. Ini merupakan sebuah teknologi switch masa depan yang hadir sebagai solusi jaringan telekomunikasi.

Ulasan Terkait Switch pada Jaringan Komputer

Seperti yang kita tahu, saat membuat sebuah jaringan komputer, diperlukan banyak sekali komponen berbeda yang saling terhubung. Berbagai komponen berbeda itu akan bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Jika menyatukan berbagai komponen yang ada, maka terbentuklah sebuah jalur komunikasi antar komputer. Selanjutnya, komputer bisa bekerja dengan optimal dan dapat digunakan untuk mendukung kinerja kita. Salah satu perangkat yang wajib ada dalam membentuk jalur komunikasi antar komputer adalah switch.

Apa itu Switch?

Sebuah switch jaringan merupakan alat yang berguna untuk melakukan bridging secara transparan. Alat ini menghubungkan segmentasi dari banyak jaringan beserta forwarding dan berdasarkan alamat MAC. Sehingga, pada akhirnya dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dan router pada area yang ditentukan.

Switch biasa juga disebut sebagai smart-hub, yaitu alat yang dipakai sebagai repeater atau penguat dalam menghubungkan kabel-kabel UTP dari satu komputer ke komputer lainnya. Switch juga merupakan titik percabangan dari proses transfer data. Sehingga, ketika sebuah switch rusak, seluruh jaringan akan mengalami gangguan.

Apa Fungsi dari Sebuah Switch?

Pada sebuah jaringan komputer, switch memiliki tiga fungsi utama. Berikut ini adalah masing-masing dari fungsi switch:

  • Address Learning

Fungsi ini berkaitan dengan bagaimana sebuah switch dapat memperoleh Mac Address dari perangkat yang terhubung dengannya.

Setiap frame yang masuk atau lewat ke port switch akan mengalami peninjauan mac address dan dicatat sesuai dengan port di mana host terhubung.

 

  • Meneruskan dan Menyaring Data Frame

Fungsi kedua adalah sebagai peners paket frame dari salah satu port menuju port target. Ketika salah satu host terhubung dengan port switch, maka alat ini akan mengecek mac address table. Proses ini dilakukan untuk membaca pada port berapa mac address tujuan berada.

 

  • Menghindari Looping

Fungsi ketiga adalah untuk menghindari looping data. Looping data adalah sebuah kondisi dimana data hanya berputar di satu tempat saja. Kondisi ini dapat dicegah dengan cara menutup salah satu port yang terkoneksi.

T-Marc: Teknologi Switch Masa Depan

T-Marc merupakan salah satu jenis switch yang saat ini banyak digunakan. Alat ini digadang-gadang sebagai teknologi switch masa depan. Sebuah T-Marc mampu mengirimkan berbagai layanan pada interface pengguna yang berbeda-beda.

Karena pada T-Marc layanannya tertutup, para penyedia layanan dapat melakukan troubleshoot secara individual tanpa mengganggu pengguna lain. Berikut ini adalah beberapa fitur dari teknologi switch masa depan, T-Marc:

  • Berfungsi multi-servis untuk layanan berupa voice, video dan data
  • AccessEthernet untuk MEF-komplian dan Emerging IEEE
  • Cocok untuk digunakan apda skala bisnis besar
  • Memiliki frame support besar (9216 bytes)
  • Memiliki port ethernet combo untuk memudahkan pemasangan dan membuat pengkabelan menjadi ringkas
  • Cocok untuk teknologi CAPEX dan OPEX

Referensi:

http://www.telco.com/index.php?page=product-description&product=t-marc-300

http://www.pintarkomputer.com/3-fungsi-utama-switch-pada-jaringan-komputer/

http://blog.dimensidata.com/pengertian-jenis-dan-fungsi-switch-pada-jaringan-komputer/