SOLUSI MEMPERLANCAR SINYAL SIARAN TELEVISI

SOLUSI MEMPERLANCAR SINYAL SIARAN TELEVISI

Hits: 1127 Comment: 0

Hiburan adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap orang. Salah satu sumber hiburan yang mudah ditemui adalah siaran program yang ditayangkan di televisi. Namun, tidak jarang ditemukan beberapa kendala terkait sulitnya menerima siaran televisi pada sebuah gedung yang memiliki banyak ruangan. Salah satu solusi memperlancar sinyal siaran televisi tersebut adalah dengan memasang sebuah jaringan MATV.

MATV: Solusi Memperlancar Sinyal Siaran Televisi

MATV (Master Antenna Television) merupakan sebuah sistem distribusi sinyal RF yang digunakan untuk mengatasi kesulitan menangkap siaran televisi di area tertentu. Biasanya teknologi ini dipasang pada sebuah gedung yang memiliki banyak ruangan, seperti perkantoran, apartemen, rumah sakit, atau hotel. Bahkan, MATV bisa menjembatani transmisi sinyal televisi hingga radius puluhan kilometer. Pada jaringan ini, sinyal RF yang didistribusikan dapat diperoleh dari terestrial, satelit, atau bisa juga melalui konten lokal yang ada.

Ada dua jenis MATV yang bisa ditemui di pasaran, yaitu MATV digital dan MATV analog. Kedua jenis tersebut memiliki perbedaan pada komponen modulator dan headend. Untuk TV digital, bukan berarti televisi yang digunakan adalah tipe digital, namun lebih kepada jenis sinyal yang disalurkan. Sedangkan pada TV analog, pengkodean informasi gambar dilakukan dengan membuat variasi voltase dan frekuensi sinyal. Sistem yang ada pada TV analog antara lain NTSC, PAL dan SECAM.

Cara Kerja MATV Sebagai Solusi Memperlancar Sinyal Siaran Televisi

Sebuah MATV bukanlah sistem yang berdiri sendiri, namun merupakan sebuah kesatuan yang kompleks antara sistem satu sama lain. Pada proses perancangan hingga pemasangan diperlukan peralatan dan teknik yang harus sesuai. Hal ini perlu dilakukan agar sinyal yang didistribusikan berkualitas baik.

Cara kerja MATV dimulai dari sebuah antena penerima sampai pada televisi. Terdapat dua proses transmisi, yaitu pada headend dan jaringan. Pada headend, sinyal dari berbagai sumber diterima dan diubah menjadi sinyal khusus. Selanjutnya, sinyal tersebut diantarkan melalui media kabel single. Setiap sinyal yang melewati kabel akan mengalami attenuation (redaman sinyal). Redaman ini diperlukan agar tidak terjadi overdrive saat sinyal mencapai tujuan.

Komponen Utama dalam Jaringan MATV

Dalam proses instalasi MATV, terdapat dua buah komponen utama yang perlu dipasang, yaitu:

Headend MATV

Komponen ini adalah titik awal penggabungan dari berbagai sinyal siaran yang telah diolah secara teknis. Ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai penerima sinyal yang kemudian disebarkan ke berbagai penjuru ruangan. Headend (HE) sering juga disebut sebagai sentral atau server.

Pada sebuah HE, terdapat susunan komponen receiver digital yang disusun sedemikian rupa agar menghasilkan sinyal RF. Komponen penyusun dari HE sendiri ada 6 buah, yaitu antenna, receiver, decoder, modulator, cable-router, optoelektronik, dan combiner.

Antena

Komponen ini digunakan untuk menerima dan/atau memancarkan suatu gelombang elektromagnetik secara efisien.

Bersamaan dengan HE, antena disambungkan dengan komponen-komponen lain, seperti trunk cable, kabel distribusi, dan drop cable.

Referensi:

http://parabolamatrix.com/sk-55-matv-jakarta.html

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=382549&val=2311&title=ANALISIS%20PERANCANGAN%20SISTEM%20MATV%20(MASTER%20ANTENA%20TELEVISI)%20DIGITAL%20PADA%20HOTEL%20GOLDEN%20TULIP%20ESSENTIAL%20PONTIANAK

http://updates.clipsal.com/clipsalonline/files/brochures/d0000027.pdf

http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/n!@file_skripsi/Isi2575053715571.pdf

Tags: matv video IPTV

Leave A Comment

Captcha