Perkembangan Industri Telekomunikasi di Indonesia

Perkembangan Industri Telekomunikasi di Indonesia

Hits: 3828 Comment: 0

Dekade belakangan ini, pertumbuhan telekomunikasi di dunia tumbuh sangat subur. Banyak peralatan di dekat kita memiliki fitur berbasis internet. Pertumbuhan teknologi dan telekomunikasi yang begitu cepat memiliki dampak negatif dan positif bagi kita semua. Tapi yang pasti, semakin canggih teknologi dan telekomunikasi maka segala hal akan menjadi lebih mudah.

Perkembangan Industri Telekomunikasi di Indonesia

Sepanjang sejarah perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia, telah terjadi sebuah pergeseran kebutuhan telekomunikasi pada masyarakat Indonesia. Industri telekomunikasi di Indonesia sebenarnya sudah tumbuh sejak era 70-an. Namun, pada saat itu telekomunikasi masih bisa dikatakan sangat sederhana, yaitu sebatas penggunaan telefon, telegraf, dan faksimili. Belum lagi yang bisa menikmati fasilitas-fasilitas tersebut hanya kalangan menengah keatas saja.

Kemudian di akhir tahun 90-an, pergeseran industri telekomunikasi mulai terlihat. Keberadaan alat telekomunikasi sederhana mulai digantikan dengan teknologi nirkabel. Jaringan operator seluler GSM, kartu prabayar, dan CDMA mulai masuk ke Indonesia. Pergeseran tersebut terjadi karena teknologi terbaru ini dianggap lebih fleksibel dan bermanfaat bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi.

Lain halnya dengan saat ini, dimana pengguna layanan telekomunikasi mulai bermetamorfosa kembali. Perilaku pelanggan layanan telekomunikasi mulai bergeser, dari penggunaan layanan panggilan dan pesan singkat (SMS) lalu beralih menggunakan aplikasi dari layanan OTT (Over The Top). Alasan utama ialah adanya perbedaan yang sangat signifikan antara layanan suara dan tarif data.

Menanggapi hal ini, para penggiat industri telekomunikasi harus tanggap dan bisa mengambil solusi yang tepat. Mengingat pertumbuhan industri telekomunikasi sekarang memiliki dampak pula pada perkembangan ekonomi di negara Indonesia.

Peranan Teknologi dalam Perkembangan Industri Telekomunikasi di Indonesia

Mobilitas tinggi serta kebutuhan akan informasi yang cepat membuat preferensi masyarakat Indonesia bergeser pada moda telekomunikasi nirkabel. Terlebih dengan dipacu perkembangan ICT di dunia mendorong pesatnya pertumbuhan teknologi di Indonesia.

Bagi perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia, teknologi memiliki peranan yang sangat vital. Hal ini dikarenakan perkembangan telekomunikasi selalu mengikuti teknologi yang ada. Setiap kali muncul sebuah teknologi baru, maka akan segera diterapkan dalam layanan telekomunikasi. Hal tersebut akan terus berulang dan selalu menjadi peluang bagi para penggiat industri telekomunikasi di indonesia.

Sebagai contoh, penyedia layanan seluler di Indonesia bisa dikatakan sangat beragam. Para penyedia ini memiliki sebuah kesamaan, yaitu sama-sama sebagai penggiat dalam industri telekomunikasi di Indonesia. Meskipun banyak penyedia layanan telekomunikasi, setiap muncul teknologi baru, mereka akan berlomba menerapkannya pada layanan yang diberikan. Hasilnya, industri telekomunikasi yang ada akan selalu memberikan kemudahan untuk semua penggunanya.

Tantangan dalam Industri Telekomunikasi di Indonesia

Di samping memiliki banyak potensi yang dapat digali, industri telekomunikasi juga memiliki banyak sekali tantangan yang harus siap dihadapi. Sebagai contoh adalah bentuk persaingan secara global antara negara lain dengan Indonesia.

Para penggiat industri telekomunikasi di Indonesia percaya bahwa industri telekomunikasi akan semakin besar. Asalkan, para penggiat industri ini menyiapkan sebuah solusi jangka panjang, mengingat pertumbuhan industri ini sangat tinggi.

 

Referensi:

http://mfile.narotama.ac.id/files/Umum/JURNAL%20ITB/Analisis%20Industri%20Telekomunikasi%20di%20Indonesia.pdf

http://koran.bisnis.com/read/20160414/251/537848/menata-industri-telekomunikasi-

https://www.merdeka.com/teknologi/begini-prediksi-industri-telekomunikasi-tahun-2016.html

http://id.gopher.co.id/perkembangan-teknologi-telekomunikasi-indonesia/